Cara Menggunakan Mikroskop Bagaimana Sih?

Di dua artikel sebelumnya, kita udah bahas seperti apa itu mikroskop, serta apa saja jenis-jenisnya. Lalu, cara menggunakan mikroskop bagaimana sih?
Jangan khawatir, kita akan bahas di sini soal gimana cara pake mikroskop. Cara-cara itu sendiri bisa kita lihat sebagai berikut.

baca juga apa itu mikroskop binokuler

  1. Taruh mikroskop ke meja. Pastiin mejanya kokoh dan nggak gampang goyang.
  2. Kalo mikroskopnya pake sumber daya listrik, pastiin kabelnya bisa sampe ke sumber listrik alias colokan. Kalo nggak, kita bisa bantu pake terminal.
  3. Pastiin objek udah ditaruh di dekat lensa mikroskop.
  4. Kendurin makrometer pada mikroskop. Cara menggunakan mikroskop bagaimana sih ini dilakuin agar objek bisa diletakin ke meja preparat.
  5. Taruh objek ke preparat, lalu kemudian jepit preparat itu.
  6. Putarlah revolver agar kita bisa pilih perbesaran yang dibutuhin.cara menggunakan mikroskop bagaimana sih ini dilakuin kalo kamu pake mikroskop cahaya. Ada empat perbesaran yang bisa dipilih, yaitu 4x, 40x, 10x, dan 100x. Semakin besar perbesaran yang dipilih, makan makin jelas pula objek yang diliat.
  7. Nyalain lampu buat liat objek pada preparat. Kalo kita pake mikroskop cahaya, maka atur cermin yang ada di mikroskop agar cahaya bisa fokus ke objek.
  8. Mulai amati objek yang udah kita tempatin di meja preparat. Sebelum melakukan hal ini, terlebih dulu kita putar makrometer/micrometer pada preparat agar posisinya sejajar dengan lensa.
  9. Putar makrometer/micrometer pada lengan mikroskop, agar lensa mikroskop bisa liat objek secara fokus.
  10. Aturlah revolver pada lensa buat milih perbesaran yang diinginkan. Entah perbesaran 4x atau mungkin 100x. Sebelum ngelakuin hal ini, pastiin jarak antar preparat dan lensa mikroskop agak jauh, supaya nggak terjadi pergesekan.
    Pemeliharaan Mikroskop
    Selain cara menggunakan mikroskop bagaimana sih, kitajuga akan sekalian bahas cara perawatan mikroskop. Perawatan mikroskop sendiri emang cukup penting. Semakin sering perawatan dilakukan, maka semakin baik pula mikroskop bisa kita pake.
    Adapun cara-cara yang bisa kita lakuin buat rawat mikroskop adalah:
  11. Pastiin mikroskop ditempatin di meja yang datar dan kokoh. Hal itu untuk menghindari guncangan yang bisa bikin mikroskop rusak.
  12. Matiin lampu pada mikroskop kalo udah dipake. Jangan lupa langsung mencabut kabel mikroskop dari colokan. Itu pun kalo kita pake mikroskop bertenaga listrik.
  13. Selalu bersihin mikroskop kalo kita udah pake itu mikroskop. Pastiin mikroskopnya betul-betul bebas dari noda, ataupun jamur yang bisa saja tumbuh sewaktu-waktu.
  14. Tutuplah mikroskop pake kain penutup. Hal ini dilakuin agar mikroskop terbebas dari debu. Apalagi, jika laboratorium atau tempat penyimpanan mikroskop rentan terkena debu.
  15. Pakailah mikroskop secara bijak dan hati-hati. Terutama, jika kita hendak memutar bagian makrometer pada leher lensa. Jika tidak hati-hati, makrometer itu bisa saja rusak ataupun patah.
  16. Jika kita hendak membawa mikroskop ke tempat yang jauh, pastikan seluruh bagiannya dicopot terlebih dahulu. Sebelum akhirnya dimasukan ke dalam tas, dan membawanya ke tempat yang hendak dituju. Langkah ini dilakuin agar semua komponen mikroskop (terutama lensa) tidak rusak begitu aja.

baca juga apa itu mikroskop

Itulah cara menggunakan mikroskop beserta perawatannya. Semoga bisa bikin kita nambah wawasan, sekaligus bisa jawab rasa penasaran kita soal cara menggunakan mikroskop bagaimana sih.
Dan semoga bisa kita terapkan di mana pun, terutama saat hendak memakai mikroskop. Sampai ketemu di kesempatan berikutnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *